inovasi anak SD membuat biodesel dari jelantah

inovasi anak SD membuat biodesel dari jelantah



inovasi kembali dibuat oleh siswa Indonesia, yakni siswa SD Negeri Bantarjati 9 Kota Bogor, Jawa Barat, dengan mencoba mengolah minyak jelantah menjadi bahan bakar biodiesel. "Kami telah mencoba mengolah sendiri minyak jelantah menjadi biodiesel, walau hasilnya masih dalam skala kecil," kata Ely Rachmawati, guru SD Negeri Bantarjati 9 di Kota Bogor.
Kegiatan ini baru dimulai oleh pihak sekolah. Sebelumnya, SD Negeri Bantarjati 9 menjadi salah satu sekolah yang memasok minyak jelantah yang disalurkan ke Perusahaan Daerah Jasa Transportasi (PDJT) Kota Bogor untuk diolah menjadi biodiesel bahan bakar bus Trans Pakuan.
Pengolahan minyak jelantah untuk diubah menjadi biodiesel tidak terlalu sulit. hanya menyiapkan methanol, soda api dan minyak jelantah untuk menjadikan biodiesel.
para siswa dan guru melakukan pengolahan dengan mencampuran minyak jelantah dan ethanol tersebut dicampur dengan dua liter air lalu disuling untuk diambil biodieselnya.biodesel berwarna bening kekuning-kuningan, hasilnya dapat diujicobakan untuk bahan bakar kendaraan, dan alat-alat industri lainnya.
Untuk memenuhi kebutuhan minyak jelantah, pihak sekolah mengumpulkan setiap harinya minyak bekas goreng tersebut dari para siswa. Hampir setiap hari siswa SD Negeri Bantarjati 9 dianjurkan membawa minyak jelantah ke sekolah. Bila dihitung dalam waktu seminggu rata-rata sekolah bisa mengumpulkan enam hingga tujuh liter minyak jelantah.
Menurut Kepala Sekolah SD Negeri Bantarjati 9 Yayah Komariah, program pengumpulan minyak jelantah oleh siswa itu sesuai dengan program Pemerintah Kota Bogor dalam mengumpulkan minyak goreng bekas di kalangan masyarakat.

sumber: http://www.republika.co.id/berita/pendidikan/eduaction/13/10/11/mufru8-keren-anak-sd-olah-jelantah-jadi-biodiesel



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Unknown, Published at 21.05 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar